Thursday, July 26, 2012

Maskot Olimpiade Dari Tahun Ke Tahun

Maskot Olimpiade adalah karakter yang biasanya berbentuk binatang lokal, benda atau sosok manusia yang mewakili kebudayaan lokal tempat diadakannya ajang Olimpiade. Sejak Olimpiade Musim Dingin Grenoble tahun 1968, kejuaraan Olimpiade memiliki maskotnya masing-masing. Bagi Olimpiade Musim Panas, Waldi 1972 adalah yang pertama, namun Misha 1980 menjadi maskot utama yang pertama dengan sukses komersial. Sejak tahun 2010 di Vancouver, maskot Olimpiade dan Paralimpiade dihadirkan bersama-sama.
Berikut adalah para maskot Olimpiade musim panas:

1972 Munich – Waldi Si Anjing

Waldi merupakan maskot resmi pertama yang diperkenalkan pada ajang Olimpiade. Diciptakan khusus untuk Olimpiade Munich, Waldi adalah seekor anjing jenis Dachshund, anjing peranakan istimewa dari Jerman. Desain Waldi merupakan hasil karya Otl Aicher dengan menggunakan warna biru, hijau, oranye dan kuning. Semua berasal warna-warna yang terdapat bendera resmi Olimpiade. Lalu mana warna merah dan hitam? Merah dan hitam memang tidak digunakan dengan sengaja agar Waldi tidak memiliki warna yang berkaitan dengan partai nasionalis Nazi. Hal tersebut bisa dipahami karena inilah kali pertama Jerman ( Barat ) kembali menjadi tuan rumah Olimpiade setelah hancur lebur dalam Perang Dunia Ke-2 akibat ulah Nazi.

1976 Montreal – Amik Si Berang-Berang

1976 Montreal Amik the beaver thumb 10 Maskot Olimpiade Selama Tahun 1976   2012
Amik adalah seekor berang-berang. Dalam bahasa Anishinaabe ( bahasa asli masyarakat Kanada ), Amik juga berarti ‘berang-berang’. Pemilihan maskot berang-berang digunakan karena menandakan sifatnya yang pekerja keras dan juga merupakan binatang khas Kanada, tempat Olimpiade musim panas tahun 1976 diadakan.

1980 Moskow – Misha Si Beruang

Misha atau Mishka atau Olympic Mishka adalah seekor beruang Rusia yang didesain oleh ilustrator cerita anak-anak, Victor Chizhikov. Misha merupakan maskot pertama Olimpiade yang merchandise-nya sukses secara komersial. Kiprah Misha yang gambarnya disematkan pada banyak merchandise ini kemudian diikuti oleh maskot-maskot lain, termasuk maskot-maskot Piala Dunia FIFA dan ajang olahraga lain.

1984 Los Angeles – Sam Si Burung Elang

Sam adalah seekor elang gundul, burung yang menjadi lambang negara Amerika Serikat. Dia ( mungkin sengaja ) memiliki nama yang sama dengan Paman Sam, simbol Amerika Serikat yang lain. Sam Si Burung Elang ini didesain oleh Bob Moore, salah seorang karyawan Disney.

1988 Seoul – Hodori Sang Macan

Hodori merupakan seekor macan Amur atau macan Siberia. Didesain oleh Kim Hyun, Hodori menampilkan sosok macan yang ramah dan sopan khas masyarakat Korea Selatan. Nama Hodori sendiri terpilih dari 2.295 usulan nama yang dikirimkan oleh masyarakat. ‘Ho’ diambil dari kata ‘Horangi’ yang artinya macan, sedangkan kata ‘dori’ merupakan kependekan dari ‘anak laki-laki’ dalam Bahasa Korea. Sebenarnya ada juga macan perempuan, yaitu Hosuni – namun ia sangat jarang digunakan.

1992 Barcelona – Cobi Si Anjing

Cobi adalah seekor anjing gembala Catalan dengan desain karya Javier Mariscal. Bentuknya yang unik merupakan gaya kubisme, terinspirasi oleh interpretasi pelukis terkenal Pablo Picasso atas lukisan legendaris Las Meninas karya Velazquez. Nama Cobi sendiri diambil dari singkatan COOB, komite penyelenggara Olimpiade Barcelona.

1994 Lillehammer, Norwegia - Haakon dan Kristin

 

1996 Atlanta – Izzy

Izzy berkulit biru, memiliki gelang-gelang berwarna pelangi dan bernama lengkap Whatizit. Tidak seperti maskot Olimpiade lain, Izzy bukanlah maskot yang berasal dari interpretasi bentuk binatang, namun ia juga bukan manusia. Entah apa sebenarnya Izzy itu. Mungkin hanya John Ryan, direktur animasi DESIGNfefx yang tahu, karena dialah yang menciptakannya. Desain unik Izzy sempat menuai kecaman, bahkan ada yang menjulukinya perwujudan ‘sperma yang mengenakan sepatu sneakers’.

1998 Nagano,Jepang - Sukki, Nokki, Lekki, dan Tsukki

 

2000 Sydney – Olly, Syd & Millie

Tidak cukup hanya satu – Olimpiade Sydney memberikan kita tiga maskot baru. Syd sang Platypus ( diambil dari nama kota Sydney ) mewakili unsur air, Millie sang Echidna mewakili unsur tanah ( nama Millie diambil dari kata Millenia atau Millenium, tahun 2000 menandai perubahan milenium baru ), dan Olly sang Kookaburra mewakili unsur udara ( Olly diambil dari kata Olympics ). Ketiganya didesain oleh Matt Hatton dan Jozef Szekeres.

2002 Salt Lake City, AS - Powder, Copper, dan Coal

2004 Athena – Athena & Phevos, Kakak Beradik

Desain Athena dan Phevos diilhami oleh boneka tanah liat kuno Yunani, meskipun demikian wujudnya dibentuk semodern mungkin agar sesuai dengan masa kini. Nama Athena dan Phevos diambil dari nama dewa-dewi Yunani, Athena dan Apollo. Phevos adalah bentuk lain Phoebus, julukan Apollo.

2006 Turin - Neve & Gliz

Pasangan maskot yang menggemaskan, Neve dan Gliz merupakan maskot musim dingin yang menandai pernah diadakannya pesta Olimpiade 2006 di Kota Turin, Italia. Maskot imut yang memiliki makna sederhana, Neve berarti salju dalam bahasa Italia sementara Gliz berarti es. Selain itu mereka menyimbolkan sepasang kekasih, sahabat, Neve terlihat feminin sementara Gliz terlihat maskulin. Pasangan yang menggemaskan bukan?

2008 Beijing – Fuwa

Ketika satu maskot dirasa tidak cukup, hadirlah dua maskot. Ketika dua maskot tidak cukup, Olimpiade Beijing memberikan kita lima maskot! The Fuwa ( yang artinya ‘boneka keberuntungan’ atau bisa diartikan juga sebagai ‘keramahan’ ) terdiri dari lima panda yang masing-masing mewakili lima benua. Beibei, Jingjing, Huanhuan, Yingying dan Nini. Kelimanya memiliki lima warna yang berbeda, lima jenis elemen bumi, lima elemen fengshui, lima kepribadian, lima gaya berpakaian khas China dan masing-masing mewakili jenis olahraga yang berbeda. Seniman berbakat China, Han Meilin yang diserahi tugas mendesain kelimanya, dulu pasti sibuk sekali…

2010 Vancouver - Miga, Quatchi, Sumi dan Mukmuk

Mungkin maskot olimpiade yang dimiliki oleh Kanada salah satu terbanyak saat ini. Miga, Quatchi, Sumi dan Mukmuk, adalah empat maskot yang menyambut para peserta Olimpiade Musim Dingin 2010 di Kota Vancouver, British Columbia, Kanada. Masing-masing dari maskot tersebut merupakan mahluk mitologi yang mendiami kawasan Kanada dan barat laut Amerika Serikat.
Miga merupakan ‘beruang laut’, yakni seekor burung yang diceritakan seringkali terlihat terbang menjelajahi lautan lepas dan permukaan salju yang luas di kawasan Vancouver. Quatchi maskot kedua Olimpiade Musim Dingin 2010, merupakan sosok menyerupai big foot. Ia terlihat menenteng kamera, menikmati petualangan dan merupakan impian para penggemar hoki. Sementara Sumi, adalah ‘hantu binatang’, memiliki sayap besar dan kuat dengan kaki hitamnya yang kekar. Sumi merupakan simbol dari sosok yang mencintai alam dan mahluk hidup. Maskot terakhir Mukmuk, merupakan hewan sejenis marmut yang sangat ramah. Nama Mukmuk sendiri diambil dari bahasa Suku Chinuk Wawa yang berarti ‘makanan/makan’, sehingga maskot ini menyimbolkan gairah yang besar untuk mendapatkan kepuasan, terutama dalam prestasi dan raihan kehidupan.

2012 London – Wenlock & Mandeville
Walaupun sering muncul berdua, namun sebenarnya yang didaulat sebagai maskot resmi Olimpiade London 2012 adalah si putih Wenlock, saudaranya yang biru yaitu Mandeville adalah maskot resmi Paralimpiade. Kedua sosok aneh ini konon adalah dua tetes baja dari Pabrik Baja Bolton yang memiliki bola mata berupa kamera. Nama Wenlock diambil dari kota Much Wenlock, Shropshire, Inggris yang telah mengadakan kejuaraan olahraga pada tahun 1850 – jauh sebelum dimulainya Olimpiade modern. Sedangkan Mandeville diambil dari nama Rumah Sakit Stoke Mandeville, yang sejak 1948 telah mengadakan kejuaraan olahraga bagi para penderita cacat – jauh sebelum Paralimpiade resmi dimulai.

1 comment: