Tuesday, September 25, 2012

10 Selebritas Top Penganut Scientology

Baru-baru ini terdengar kabar bahwa pasangan artis Hollywood papan atas, Tom Cruise dan Katie Holmes, sedang mengurusi perceraian mereka. Faktor penyebab perceraian mereka adalah ajaran Scientology. Katie tak ingin Tom Cruise mendoktrin anaknya, Suri, dengan ajaran-ajaran Scientology. Dilansir dari radar online, “Katie tak ingin Suri dibesarkan sebagai Scientologis atau berkembang dengan ajaran gereja itu,” ungkap sumber seperti dilansir Radar Online, Selasa (3/7/2012).

Di luar perceraian mereka, mungkin pembaca pernah mendengar ajaran Scientology ini. Ringkasnya, Scientology adalah ajaran baru yang merekrut banyak selebritas Hollywood dan menerima banyak kecaman dari pihak gereja dan dari mantan anggotanya. Ajaran ini sangat cocok sekali untuk kaum selebritas yang menginginkan kebebasan privasi. Makanya, banyak sekali selebritas Hollywood yang tertarik dengan ajaran ini. Tercatat, ada ratusan selebritas yang menjadi anggotanya. Ada yang terang-terangan mengaku bahwa dirinya anggota Scientology dan ada juga yang tidak. Ke-10 di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Jason Lee
Jason Lee adalah seorang aktor yang terkenal telah membintangi acara televisi terkenal My Name is Earl dan film-film seperti Chasing Amy, Dogma, Almost Famous, Vanilla Sky, dan Alvin and the Chipmunks. Jason bergabung ke Scientology akhir 1980an. Pada papan pesan perusahaan produksi televisi dan film Amerika, bernama View Askew, ia menulis, “Saya mulai mempelajari Scientology beberapa tahun sebelum menjadi aktor,” dan ia mulau berakting tahun 1991. Namanya muncul dalam daftar majalah Selebritas milik Scientology di tahun 1992.
Jason Lee pun pernah menikah dengan anggota Scientology. Lee menikahi aktris/fotografer Carmen Llywelyn tahun 1995; mereka bercerai tahun 2001. Lee berhubungan dengan aktris Beth Riesgraf dari 2001-2007. Tahun 2003, mereka memiliki seorang anak laki-laki, Pilot Inspektor Riesgraf-Lee. Tahun 2008, Lee menikahi model Australia, Ceren Alkac, yang melahirkan seorang anak perempuan pada tahun yang sama. Namun belum diketahui apakah Ceren adalah seorang Scientologis.

2. Leah Remini

Leah Marie Remini (lahir 15 Juni, 1970) adalah seorang aktris dan model Amerika. Ia terkenal atas perannya sebagai Carrie Heffernan di acara komedi situasi CBS, The King of Queens dan sebagai Stacey Carosi di komedi situasi NBC, Saved by the Bell. Ia juga salah satu co host di talkshow jaringan CBS siang hari, The Talk, sebelum dirilis tahun 2011.
Remini adalah anggota Gereja Scientology. Bulan Desember 2005, ia membantu mempromosikan pembukaan gala Museum “Psychiatry: An Industry of Death” miliki Gereja Scientology. Merespon kritikan terhadap Scientology selama wawancara di CNN, Remini menjawab:
“Jika seseorang akan menutup mata terhadap sesuatu yang mereka baca atau dengar, maka orang tersebut tidak cukup pintar untuk memasuki sebuah gereja. Jika Anda benar-benar melawan sesuatu, maka kenali apa yang anda lawan.”

3. Beck Hansen

Beck Hansen (lahir dengan nama Bek David Campbell, 8 Juli, 1970) adalah musisi, multi-instrumentalis dan penulis lagu sekaligus penyanyi asal Amerika, dikenal dengan nama panggung Beck.
Beck telah terlibat dalam Scientology selama hampir seluruh hidupnya; istrinya, Marissa, juga adalah Scientologis generasi kedua. Marissa dan saudara kembarnya, Giovanni, diasuh oleh ibu Beck, Bibbe. Beck secara terang-terang mengumumkan keterlibatannya dengan Scientology untuk pertama kalinya di sebuah wawancara yang diterbikan di Majalah terkenal Amerika, New York Time tanggal 6 Maret 2005. Konfirmasi lebih lanjut datang di sebuah wawancara dengan Majalah Irlandia Tribune edisi Hari Minggu 11 Juni 2005, ia berkata, “Ya, saya seorang Scientologis. Ayah saya menjadi penganut Scientology selama 35 tahun, jadi saya dibesarkan dengan ajaran seperti itu.”

4. Greta Van Susteren
Greta Van Susteren (lahir 11 Juni, 1954) adalah seorang komentator Amerika untuk Fox News Channel, dimana ia membawakan acara On the Record w/ Greta Van Susteren. Mantan pembela kriminal dan pengacara hukum sipil, ia muncul sebagai seorang analis hukum di CNN, membawakan acara Burden of Proofwith Roger Cossack dari tahun 1994 sampai 2002, menjadi pengacara pembela bagi penuntut Cossack. Menurut sumber, bahwa ia dan suaminya adalah anggota Gereja Scientology.

5. Danny Masterson
Danny Masterson adalah seorang aktor yang sangat terkenal atas perannya di acara That ’70s Show. Danny adalah Scientologis generasi kedua; orang tuanya, Peter dan Carol Masterson, juga penganut Scientology, begitu juga kakaknya, Chris.
Di artikel bagian kedua, kami akan membahas Tom Cruise, John Travolta dan ketiga selebritas lainnya yang merupakan penganut Scientology.

6. Isaac Hayes

Isaac Lee Hayes, Jr. (20 Agustus 1942 – 10 Agustus 2008) adalah seorang penulis lagu, musisi, penyanyi, aktor, dan aktor suara asal Amerika. Isaac Hayes bisa dibilang berkontribusi besar bagi perkembangan musik disko dan rap. Namun sayangnya, ia harus mengakhiri hidupnya akibat serangan jantung.
Mengutip dari foxnews.com (11/8/2008), Isaac Hayes adalah seorang anggota Gereja Scientology. “Ia berkata bahwa ia sangat tertekan di Scientology, dan apabila kita tidak berhenti membongkarnya, ia bisa kabur,” kata pencipta “South Park, Matt Stone.

7. Bart Simpson
Maksud kami di sini bukan tokoh kartun Bart Simpson, namun pengisi suaranya, Nancy Cartwright. Dan menurut isu yang beredar, film tersebut memang mempromosikan Scientology. Nancy Cartwright (lahir 25 Oktober, 1957) adalah aktris film dan televisi, komedia, dan artis suara Amerika. Ia sangat terkenal atas perannya sebagai di serial televisi kartun The Simpsons.
Cartwright dibesarkan di lingkungan Katolik Roma namun bergabung dengan Gereja Scientology akhir 1980an. Ia menyatakan bahwa sebelum bergabung dengan gereja tersebut ia frustasi karena belum mendapatkan “hubungan berikrar,” dan ingin menikah lalu memiliki anak. Ia “berpikir mungkin ia dapat menemukan pasangannya apabila bergabung dengan gereja tersebut.” Cartwright mulai membaca karya-karya L. Ron Hubbard dan menemukan pelipur lara. Ia berkata, “Saya merasa ia sedang berbicara langsung kepada saya, ‘Saya ingin menghentikan perasaan itu.” Cartwright diberi penghargaan Patron Laureate Award setelah ia mendonasi 10 juta dolar ke gereja Scientology tahun 2007, hampir dua kali lipat dari gaji tahunannya.

8. Sonny Bono

Salvatore Phillip ”Sonny” Bono (16 Februari 1935 – 5 Januari 1998) adalah seorang artis rekaman, produser rekaman, aktor, dan politikus yang masa karirnya berlangsung selama tiga dekade.
Ia menjadi seorang penganut Scientology, sebagian karena dipengaruhi oleh Mimi Rogers, seorang akris film dan pemain poker kompetitif Amerika. Namun di sisi lain, ia menyatakan bahwa adalah penganut Katolik Roma di semua dokumen resmi, bahan kampanye, situs jaringan, dll.
Bono meninggal 5 januari 1998 akibat cedera yang diderita setelah menabrak sebuah pohon ketika bermain ski di Heavenly Ski Resort dekat Danau Selatan  Tahoe, California. Kematiannya kurang dari seminggu setelah Michael Kennedy, anak dari Robert F. Kennedy, tewas akibat kecelakaan ski juga di Aspen, Colorado.

9. Tom Cruise

Cruise adalah seorang pendukung paling vokal untuk Gereja Scientology. Ia bergabung dengan gereja ini tahun 1990 melalui istrinya, Mimi Rogers. Ia berkata bahwa Scientology, khususnya Teknologi Studi L. Ron Hubbard, menolongnya mengatasi penyakit disleksia yang sebelumnya diderita olehnya. Selain mempromosikan bermacam-macam program yang memperkenalkan orang-orang kepada Scientology, Cruise telah mengkampanyekan ajaran ini agar dikenal sebagai agama di Eropa. Saat Cruise belum menikahi Katie Holmes, ia mengajak Katie untuk bergabung dengan Scientology. Dan akhirnya, Katie memeluk Gereja Scientology sesaat setelah mereka mulai berpacaran.

10. John Travolta

John Joseph Travolta (lahir 18 Februari 1954) adalah aktor, penari, dan penyanyi Amerika. Travolta pertama kali terkenal tahun 70an, setelah tampil di serial televisi Welcome Back, Kotter dan membintangi film-film box office yang mendulang sukses, Saturday Night Fever dan Grease. Karir akting Travolta menurun di awal 80an dan terus memburuk selama sisa dekade tersebut. Karirnya kembali bangkit tahun 90an dengan perannya di Pulp Fiction, dan sejak itu ia terus membintangi film-film Hollywood, termasuk Face/Off, Ladder 49, dan Wild Hogs. Travolta dinominasikan Academy Award untuk Aktor Terbaik di film Saturday Night Fever dan Pulp Fiction. Ia memenangkan Golden Globe Award untuk Aktor Terbaik –Motion Picture Musical atau Comedy di penampilannya dalam Get Shorty.
Ia dibesarkan di lingkungan Katolik Roma, namun ia pindah ke Scientology tahun 1975.
Kesepuluh selebritas yang kami bahas merupakan sebagian kecil dari jumlah jutaan penganut ajaran Scientology. Perkembanga agama ini maju pesat. Penganutnya telah tersebar di hampir 160 negara. Bagaimana bila ajaran ini tiba di Indonesia? Atau memang sudah?

No comments:

Post a Comment