Friday, September 21, 2012

10 Makanan Terfavorit di Quebec

Selain dikenal sebagai kota tua yang memiliki banyak bangunan ternama, Quebec juga memiliki makanan yang favorit. Mulai dari sandwich, gula-gula, olahan keju, daging domba dan ayam. Hmm..bisa bikin perut lapar terus nih sepertinya.
Ini dia 10 makanan favorit di Quebec, Kanada, seperti kami kutip dari laman nationalgeographic.com:

1. Poutine

Mungkin makanan ini yang paling favorit di Quebec. Poutine adalah makanan yang berasal dari potongan kentang goreng yang dicampur irisan keju segar, lalu ditambah saus yang kental. Menu seperti ini pun telah menyebar hingga ke seluruh Kanada.

2. Bagel di Montreal

Bagel adalah salah satu jenis roti yang berbentuk seperti donat. Hanya saja pembuatannya sedikit berbeda, di mana adonan tepung terigu dan ragi direbus di dalam air lalu dipanggang.
Bagel di Montrealers berukuran lebih kecil dan lebih padat dari bagel-bagel di New York. Dua nama besar yang menyediakan menu seperti ini di Quebec adalah St-Viateur Bagel dan Fairmount Bagel.

3. Tire sur la Neige di Monteregie dan Laurentians

Makanan ini hanyalah olahan dari daun maple dan gula-gula yang dililitkan di batang kayu kecil. Awalnya getah daun maple direbus, lalu dituang di atas gula-gula yang ditempatkan di sebuah wadah. Tidak lama kemudian, dililitkan ke betang kayu kecil.
Jika Anda perhatikan, makanan ini seperti permen yang sangat menggoda. Tire sur la Neige mudah ditemukan di gubuk-gubuk di wilayah Monteregie, pantai selatan St Lawrence, dekat Montreal dan Laurentians.

4. Gurihnya keju di kota-kota sebelah timur

Wilayah ini diprioritaskan bagi wisatawan yang doyan keju. Kota-kota timur Quebec berhasil menciptakan varietas keju sendiri dan tidak meniru keju Perancis yang lebih dulu terkenal.

5. Shish Taouk di Montreal

Shish taouk adalah nama lain dari sate ayam ala Montreal, Quebec. Cara pembuatannya, daging ayam tanpa tulang direndam, lalu dipanggang dengan tusukan sate. Setelah itu disayat dan diselipkan di dalam roti pita dengan sayuran acar dan hummus.
Menu ini tidak jauh berbeda dengan “shawarma”, sate daging sapi yang ada di Timur Tengah.

6. Smoked meat sandwich di Montreal

Jangan pernah menyebutnya sebagai daging sapi asap. Sandwich Montreal dibuat dari daging beruang pilihan yang dibumbui rempah-rempah. Coba pesan smoked meat sandwich dengan roti gandum, dan duduk santai di sebuah kafe di Montreal.

7. Tourtiere di Quebec City

Jika Anda ingin mencicipi kue tradisional Quebec, berkunjunglah ke Restoran Aux Anciens Canadiens di Quebec City dan segera pesan Tourtiere. Ini merupakan kue yang menyerupai pie dan berisi daging babi cincang, daging sapi atau lainnya.
Selain Tourtiere, Aux Anciens Canadiens juga melayani menu-menu klasik, seperti sup kacang tradisional, kacang panggang, daging babi cincang dan sirup kue maple yang biasa tersaji sebagai makanan penutup di Quebec.

8. Couscous di Montreal

Lebih dari 20 persen dari penduduk kota Montreal berasal dari orang-orang keturunan Arab atau Afrika Utara. Oleh karenanya, ada banyak menu Couscous (makanan-makanan dari Maroko, Tunisia dan Aljazair yang berasal dari beras) di sana.
Di Montreal, Couscous bisa Anda temukan di area Plateau Mont-Royal. Couscous dapat dimasak dengan campuran daging sapi atau kambing, sayuran, dan lainnya sesuai selera orang masing-masing.

9. Haitian Tassot di Montreal

Ada menu daging kambing atau sapi ala Haiti klasik di Montreal. Daging ini direndam dalam perasan jeruk lalu disajikan di piring bersama nasi. Mungkin ini seperti nasi kebuli (nasi goreng di negara Timur Tengah) yang sedikit berbeda.
Salah satu tempat pilihan Haitian Tassot ada di Ange & Ricky, tempat makan sederhana di dekat Pasar Jean Talon.

10. Olahan daging domba muda di Charlevoix

Untuk menu daging domba muda, pergi ke Charlevoix. Wilayah ini menjadi produsen daging domba muda pertama yang dilindungi secara hukum di Amerika Utara sejak tahun 2009. Bahkan areanya meluas ke timur Quebec City dan utara St Lawrence.

No comments:

Post a Comment